Contoh Buku Proggram

PROGRAM DAN KETETAPAN PENGURUS

PONDOK PESANTREN SIDOGIRI 1432-1433

BAB IV

KOORDINASI KETUA IV

PASAL 36:

Pengadaan, perbaikan, dan perawatan Sarana Dan Perawatan

NO

Jenis Program

Indikator

Pelaksana

Evaluasi

Keterangan

01 Membangun Gedung Perpustakaan Baru Yang representatif
  1. Kerjasama dengan Ahli Tehnik
  2. Realisasi Program
  3. Bangunan lama di manfaatkan sebagai kantor  instansi-instansi daerah
Ketua IV
02 Cek daya listrik di seluruh instansi PPS Adanya cek daya secara berkala dari PLN atau tenaga ahli, sedikitnya tiga kali dalam satu atahun Kabag P3S
03 Menyempurnakan dan memperbaiki sarana pondok pesantren sidogiri sesuai dengan kebutuhan Terwujudnya gambar-gambar fasilitas yang akan di bangun Ketua IV dan P3S
Pada periode 1432-1433. Poin-poin pembangunan dan perbaikan yang di laksanakan adalah sebagai berikut:

1)      Rencana pembangunan dan pengadaan fasilitas/sarana Tahun Ajaran 1432-1433 H.

NO

Pembangunan dan Pengadaan Fasilitas/Sarana Tahun Ajaran 1432-1433 H.

Pelaksana

Evaluasi

Ket

1.1 Melanjutkan pembangunan rumah pengajar bahasa arab Ketua IV
1.2 Pembangunan Musholla selatan berikut rekonstruksi dan renovasi jeding MMU selatan Ketua IV
1.3 Mempaving halaman di area MMU as-Suyuti dan Kopontren Ketua IV
1.4 Menata ulang halaman MMU as-Suyuti Ketua IV dan P3S
1.5 Menyempurnakan atap jemuran umum Kabag P3S
1.6 Menyiapkan kebutuhan sarana prasarana kebutuhan air minum santri di daerah-daerah Ketua IV dan kabag P3S
17 Membongkar Daerah B.B-28 di jadikan jerambah,B-27  dan B-26 disatukan, kemudian membuat kamar baru di depan B-27 dan B-26 Kabag P3S
1.8 Membangun tempat penampungan peralatan sound system PPS Kabag P3S
1.9 Memberi atap di halaman Dapur Umum PPS secara bertahap Kabag P3S
1.10 Pengadaan tandon air Dapur Umum (2 buah, @ 1.1000 Ltr) sebagai pengganti (pembongkar) tandon beton (lama) Kabag P3S
1.11 Penambahan jamban (WC) di lokasi kamar mandi utara dan memfungsikan (6) kamar mandi di jeding utara Kabag P3S
1.12 Mengganti sebagian kamar mandi yang memkai bak mandi dengan shower Kabag P3S
1.13 Menyediakan tandon bak air skala besar sebagai pendukung kamar mandi shower Kabag P3S
1.14 Pemasangan baru daya tenaga listrik 1300 watt di BP Sidogiri timur Ketua IV
1.15 Memasang tempat cantolan baju di depan kamar mandi balai tamu PPS Kabag P3S
1.16 Menambah Ventilasi udara dan cahaya di Balai Tamu Kabag P3S
1.17 Pengadaan tandon air untuk balai tamu Kabag P3S
1.18 Pengadaan kran wudlu’ di kamar mandi khusus wanita untuk balai tamu Kabag P3S
1.19 Memasang daun pintu di tempat buang air kecil jeding masjid bagian utara Kabag P3S
1.20 Membangun pagar pembatas di area pembakaran sampah Kabag P3S
1.21 Membangun taman bermain dan belajar khusus santri usia dini di sebelah selatan tempat pangkas rambut Ketua IV

 

2)      Rencana Perbaikan dan Penggantian Fasilitas/Sarana Tahun Ajaran 1432-1433 H.

NO

Jenis Program

Pelaksana

Evaluasi

Keterangan

2.1. Perbaikan ethernit lantai II Daerah A Kabag P3S    
2.2. Renovasi atap /genting kamar B-10,11,dan 12 Kabag P3S    
2.3. Renovasi kamar B-26,27 ,dan 28 menjadi bangunan kamar baru  (disatukan atau ubah desain)dan melebur lokasi kamar A-21 menjadi bagian daerah B- Kabag P3S    
2.4. Pemasangan kaca naco  Lt II bagian utara daerah C di kamar C 8,9 dan 10 Kabag P3S    
2.5. Pemasangan kaca jendela (bag. Barat)daerah C Kabag P3S    
2.6. Perbaikan lantai kayu daerah C seluas 3 m X 1,75 m Kabag P3S    
2.7. Perbaikan Kanopi bagian selatan daerah C Kabag P3S    
2.8. Membangun tembok pembatas lokasi kran air daerah H Kabag P3S    
2.9. Meninggikan tembok bagian barat jemuran daerah H Kabag P3S    
2.10. Membuat satir di depan kelompok yaman dan lebanon Kabag P3S    
2.11 Perbaikan pipa saluran air di lokasi jemuran daerah H Kabag P3S    
2.12 Mengganti jendela dan pintu kelompok C dan E darah I Kabag P3S    
2.13 Memberi tembok di pembatas jemuran daerah I bagian timur Kabag P3S    
2.14 Memasang pintu untuk dapur daerah I Kabag P3S    
2.15 Mengganti keramik lantai tangga daerah J bagian utara dengan keramik motif kasar yang tidak licin Kabag P3S    
2.16 Perbaikan ethernit musholla daerah K Kabag P3S    
2.17 Mengkramik lantai dan tembok MMU al-ghozali Kabag P3S    
2.18 Perbaikan tembok kamar mandi BP.SIDOGIRI barat Kabag P3S    
2.19 Memperbaiki pagar pesarean Kabag P3S    
2.20 Memperbaiki lemari petugas BP. SIDOGIRI Kabag P3S    
2.21 Memperbaiki lantai kamar mandi di BP.SIDOGIRI timur Kabag P3S    
2.22 Perbaikan paving di depan kamar petugas BP.SIDOGIRI barat Kabag P3S    
2.23 Perbaikan jendela naco lantai II bagian utara Perpustakaan Sidogiri Kabag P3S    
2.24 Perbaikan keramik jeding masjid bagian utara Kabag P3S    
2.25 Perbaikan pagar pembatas pesarean Kabag P3S    
2.26 Perbaikan papan tatatertib mandi di sungai Kabag P3S    
2.27 Menambah watt lampu penerangan di ruang baca perpustakaan Kabag P3S     
2.28 Memperbaiki pelengsengan bagian selatan di sungai sidogiri (10 X3 m) Kabag P3S    
2.29 Menertibkan tempat parkir sepeda (sebelah utara Balai Tamu) dan tempat istirahat di sebelahnya Kabag P3S    

 

Pasal 37:

Peningkatan SDM Petugas

NO

Jenis Program

Indikator

Evaluasi

Keterangan

01 Meningkatkan kemampuan petugas Mengadakan pelatihan instalasi listrik dan Elektro dari petugas Diesel dan PPLD Ketua IV
Pelatihan P3K pada petugas BP Sidogiri dan Sihhatda Ketua IV
Pelatihan serfice Exelent petugas BP Sidogiri Kepala BP Sidogiri
Pelatihan pengenalan Obat-obatan Kepala BP Sidogiri
Pelatihan pemahaman Tentang Kebersihan Kepala BP Sidogiri Kepala BP Sidogiri
Pelatihan Kartu Berobat

Pasal 38:

Menciptakan BP Sidogiri sebagai pusat layanan

Kesehatan yang profesional

NO Jenis Program Indikator Pelaksana Evaluasi Keterangan
01 Meningkatkan mutu layanan Dokter dan Para medis Komunikasi (pertemuan) antara pengurus(harian) PPS dengan Dokter dan Paramedis yang bertugas di BP. Sidogiri, min satu kali dalam satu tahun Ketua IV
Tersedianya tenaga Dokter yang siap praktek setiap hari Ketua IV
Koordinasi bulanan atau triwulanan antara dokter dan para medis dengan pengurus BP.Sidogiri Kepala BP.Sidogiri
Layanan pengobatan gratis untuk donatur Lazizwa Kepala BP. Sidogiri
 Studi banding  Kepala BP. Sidogiri
Menjalin hubungan yang erat dengan Puskesmas Ngempit  Kepala BP. Sidogiri
Menyiapkan konsep penyediaan makanan untuk pasien rawat inap Kepala BP. Sidogiri
02 Menyediakan layanan pengobatan alternatif Memiliki layanan Pijet, Bekam, dan Akupuntur Kepala BP. Sidogiri
03 Meningkatkan mutu layanan BP.Sidogiri dan Sihhat Menambah satu orang petugas para medis shift khusus di BP.Sidogiri bagian rawat inap Ketua IV
Membuat konsep terapan pengobatan terpadu Kepala BP.Sidogiri
Adanya pemeriksaan TTV (tanda-tanda Vital)  Kepala BP.Sidogiri
Memberi edaran ke daerah tentang makanan yang bergizi/ yang layak di konsumsi Kepala BP.Sidogiri
Adanya Poster informasi kesehatan  Kepala BP.Sidogiri
Pemutaran Audio Al-Qur’an dan Album nasyid Sidogiri di BP.Sidogiri bagian rawat inap Kepala BP.Sidogiri
04 Menertibkan administrasi BP.Sidogiri Adanya sistem kontrak bagi dokter / para medis yang siap piket di BP.Sidogiri Ketua IV
Tersedianya kartu Khusus berobat (selain kartu tanda santri)  Kepala BP.Sidogiri
Merumuskan SOP dan JuknisBP.Sidogiri Kepala BP.Sidogiri
Membuat Profil singkat BP.sidogiri Kepala BP. Sidogiri

Pasal 39

Menciptakan Lingkungan Bersih, Sehat dan Aman

NO

Jenis Program

Indikator

Pelaksana

Evaluasi

Keterangan

01 Melaksanakan program Operasi Semut Memiliki konsep lengkapBASIT (Bersih, Aman, Sehat, Indah, dan Tertib) Ketua IV bersamaKetua II

 

Sarana kebersihan tersedia Kabag Sihli
Sosialisasi konsep kepada Pengurus,Guru, Santri dan Murid Ketua IV bersamaKetua II

 

Adanya pengawasan dan evaluasi Kabag Sihli
Lingkungan bersih dan tidak ada sampah berserakan Kabag Sihli 
02. Meningkatkan perlengkapan sarana untuk antisipasi penanganan bencana Setiap gedung dilengkapi dengan penangkal petir Ketua IV 
Gedung-gedung yang rawan kebakaran dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran Ketua IV
Menyediakan fasilitas kotak P3KDi masing-masing perkantoran, daerah, beberapa gedung dan dapur umum Kepala BP. Sidogiri

Pasal 40

Penanganan Kesehatan dengan pola pencegahan penyakit

NO. Jenis program Indikator Pelaksana

Evaluasi

Ket.
01. Membiasakan santri hidup sehat Senam kesehatan bagi penderita asma dilakukan secara rutin dan berkala Kepala BP. Sidogiri     
Penataran tentang hidup sehat dan bersih pada kepala kamar Kepala BP. Sidogiri    
Penyuluhan kesehatan terhadap santri dan murid dilaksanakan secara rutin dan terjadwal Kepala BP. Sidogiri    
02. Pencegahan defesiensi zat besi kapada santri Adanya himbauan agar santri meminum vitamin penambah zat besi Kepala BP. Sidogiri    
Bekerja sama dengan baur Sihhatda dalam pemberian vitamin zat besi Kepala BP. Sidogiri    
03. Optimalisasi pengobatan dan penanganan terhadap penyakit yang di derita santri Memberi penyuluhan tentang metode pencegahan dan pemberantasan penyakit gatal-gatal Kepala BP. Sidogiri    
Adanya penyamprotan (Fogging) isektisida, sedikitnya 4kali dalam setahun Kepala BP. Sidogiri    
Membentuk tim PMO (Pengawas Minum Obat) TBC Kepala BP. Sidogiri    
Memberikan penyuluhan khusus kepada pasien TBC Kepala BP. Sidogiri    
04. BP. Sidogiri memiliki daftar santri yang berpotensi penyakit menular Mengadakan pemeriksaan kesehatan (Medical Chek) kepada santri / murid baru Kepala BP. Sidogiri    
Adanya penanganan khusus kepada santri yang berpotensi penyakit menular Kepala BP. Sidogiri    
05. Menginformasikan kepada santri tentang penyakit, obat, cara penanggulangan, dan hal-hal yang terkait dengan kesehatan Menerbitkan Mading Info sehat Kepala BP. Sidogiri    
Adanya seminar kesehatan Kepala BP. Sidogiri    
06. Meningkatkan kesehatan santri dan murid Menerapkan sistem layanan:1.Promotif:Penyuluhan

2.Preventif:Pencegahan

3.Kuratif:Pengobatan rawat jalan

4.Rehabilitatif:Pengobatan rawat inap

Kepala BP. Sidogiri    
Membentuk UKS (Unit Kesehatan Santri) di masing-masing daerah Kepala BP. Sidogiri    
Pemeriksaan kesehatan secara berkala (Scanning) setiap cawu melalui daerah Kepala BP. Sidogiri    
Mengadakan pemeriksaan kesehatan (Chek Up) kepada calon GT Kepala BP. Sidogiri    
Semua santri / murid mempunyai raport (Rekam Jejak) kesehatan Kepala BP. Sidogiri    

Pasal 41

Penanganan layanan secara lintas sektoral

NO. Jenis program Indikator Pelaksana Evaluasi Keterangan
01. Mengadakan kordinasi lintas sektoral dengan pihak / instansi terkait Terlaksananya rapat lengkap unsur bawahan Ketua IV dengan kepala daerah dan instansi lain yang di butuhkan minimal 1kali percawu Ketua IV

Jangan Lupa Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s